Headlines News :
Home » , » Struktur Atom

Struktur Atom

Written By Arifin Noviyanto on Saturday, December 28, 2013 | 12:13 AM


Struktur atom adalah Satuan dasar ( basic ) materi terdiri dari awan elektron bermuatan negatif yang mengelilingi inti atom.Di dalam inti atom terdapat campuran neutron yang netral ( kecuali Hidrogen - 1 tidak memiliki neutron ) dan positron yang bermuatan positif.Gaya elektromagnetik menyebabkan elektron elektron pada atom terikat.demikin dengan ikatan atom yang satu dengan yang lainnya.Jika


  • jumlah proton = jumlah elektron maka bersifat netral
  • jumlah proton > jumlah elektron maka bersifat positif ion


Pada atom,Jumlah proton menentukan unsur kimia atomnya, sedangkan jumlah neutron menentukan isotop unsur atomnya.

Atom ( dalam bahasa yunani ) yaitu sesuatu yang tidak dapat dibagi-bagi lagi atau tidak dapat . Para filsuf India dan Yunani membuat konsep tentang atom tersebut.Pra ilmuwan kimia membuktikan pemikiran tersebut dengan menggunakan metode kimia ketika abad ke 17 dan abad 18. Tetapi itu tidak berlangsung lama,karena fisikawan menemukan bagian - bagian dari atom.Hal ini berkebalikan dengan prinsip atom yang tidak dapat di bagi - bagi lagi.Par afisikawan berhasil membuat model atom dengan mengggunakan mekanika kuantum.


Atom dapat dilihat menggunakan peralatan yang khusus misal mikroskop penerawangan payaran . Pada atom terdapat minimal satu isotop dengan inti tak stabil yang menyebabkan adanya peluruhan radioaktif.
Share this article :

1 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Gudang Ilmu Kita merupakan layanan situs berbagi konten pilihan yang dikemas lengkap, menarik dan terkini dengan beragam bentuk teks, gambar, suara dan video.

FOLLOWERS

PENGUNJUNG

SITE INFO

Check Google Page Rank W3 Directory - the World Wide Web Directory
 
█║▌│█│║▌║││█║▌│║▌║█║║▌
Gudang Ilmu Kita 2012 | SomeRight Reserved Copyright © 2011. Gudang Ilmu Kita - All Rights Reserved
Template Modified by FINDA™ | Arifin Noviyanto