Headlines News :
Home » , , , , » Cara Edit Tampilan BBM For Android

Cara Edit Tampilan BBM For Android

Written By Arifin Noviyanto on Wednesday, May 28, 2014 | 11:24 PM

Tutorial Cara Edit Tampilan BBM For Android - Semakin hari semakin banyak pertanyaan yang muncul dari para pengguna Android mengenai aplikasi yang menurut saya sengant fenomenal, yakni Blackberry Massanger. Kali ini saya akan sedikit berbagi tetang tutorial cara mengedit tampilan BBM for Android. Berhubung begitu banyak kawan kawan yang bertanya, saya buat saja tutorial ini.

Sebelum memulai tutorial edit tampilan BBM, mungkin ada baiknya para pengunjung sekalian mengetahui beberapa hal berikut ini :


  • Dalam pengeditan,sebaiknya mohon ijin dari developer dari aplikasi tersebut
  • Tutorial ini dibuat dengan tujuan pembelajaran atau sebagai stimulan bagi para pengguna untuk bisa berkreasi mengembangkan kemampuan di bidang developing Android
  • Hargailah karya dan kreasi yang telah ada karena dalam membuat memerlukan waktu,tenaga juga pikiran dan imaginasi yang ekstra keras
  • Jadikan tutorial ini sebagai acuan untuk hal yang positif dan bijak.

Setelah pengantar diatas, sekarang mari kita mulai tutorial mengedit tampilan BBM Android. Pada tutorial ini saya hanya akan memberikan petunjuk bagaimana mengganti Background pada aplikasi BBM for Android yang pada kondisi default adalah warna abu - abu polos menjadi sebuah gambar agar terlihat lebih fresh atau tidak kaku. Selebihnya saya serahkan kebada para pengunjung sekalian untuk berkreasi sendiri. Berikut merupakan gambaran aplikasi BBM for Android yang telah melalui proses pengeditan.


Jika pada umumnya membutuhkan tool khusus untuk membongkar sebuah file Apk, Kali ini saya hanya akan menggunakan aplikasi Winrar biar terlihat lebih sederhana dan tidak membingungkan buat anda. Jadi yang harus anda siapkan adalah file BBM for Andoid.APK dan aplikasi winrar. Saya kira tidak perlu lagi menjelaskan seperti apa itu winrar dan file APK.

Hal Pertama yang harus anda lakukan adalah membongkar file APK tersebut menggunakan winrar, dengan cara open with winrar file APK tersebut. Perhatikan gambar berikut :


Maka akan tampil struktur aplikasi BBM for Android.APK. Silahkan Extract file dan masukkan kedalam sebuah folder baru untuk memudahkan dalam proses pengeditan.

Setelah proses extract selesai silahkan cari file yang bernama Background.png pada folder /res/drawable/


Nah, file inilah yang akan saya saya ganti dengan sebuah gambar untuk nantinya akan menjadi background pada applikasi BBM for Android. Silahkan edit file tersebut menggunakan photoshop. Yang harus anda ingat adalah jangan pernah mengubah resolusi file tersebut, Jika anda ingin menggantikan nya dengan file gambar perkecil saja ukuran resolusi gambar tersebut. Pada tutorial Kali ini saya mencoba mengganti background dengan gambar Naruto.

Setelah itu Save as gambar naruto tadi dengan tipe dan nama file yang sama,yakni Background.png


erdapat peringatan replace, klik yes saya karena kita memang ingin berbaksud mengganti Background.png.

Langkah lelanjutnya adalah megembalikan file yang telah kita extract tadi ke dalam file APK atau yang lebih akrab disebut dengan kompilasi (compile) oleh para developer. Namun disini kita tidak perlu melakukan proses tersebut, selain karena akan memakan waktu, proses ini juga biasanya membuat file APK tidak dapat berjalan dengan baik. Cukup copy - paste saya file extract tadi kedalam  file APK dengan memanfaatkan media winrar.


Proses pengeditan sudah selesai, sekarang anda tinggal melakukan proses install ulang pada aplikasi BBM for Android di ponsel anda. Jangan Lupa untuk mem-backup kontak BBM anda sebelum melakukan proses install ulang. Selamat anda telah berhasil melakukan proses pengeditan file APK. Jika terdapat kendala saat melakukan pengeditan, silahkan berkomentar. 
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Gudang Ilmu Kita merupakan layanan situs berbagi konten pilihan yang dikemas lengkap, menarik dan terkini dengan beragam bentuk teks, gambar, suara dan video.

FOLLOWERS

PENGUNJUNG

SITE INFO

Check Google Page Rank W3 Directory - the World Wide Web Directory
 
█║▌│█│║▌║││█║▌│║▌║█║║▌
Gudang Ilmu Kita 2012 | SomeRight Reserved Copyright © 2011. Gudang Ilmu Kita - All Rights Reserved
Template Modified by FINDA™ | Arifin Noviyanto